BP2IP – TANGERANG


BP2IP TANGERANG BP2IP   TANGERANG

Sejarah Berdirinya BP2IP Tangerang

BP2IP Tangerang adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan maritim di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Perhubungan. Pembangunan BP2IP Tangerang dimulai 27 Oktober 2002 di atas lahan yang luasnya kurang lebih 18000 meter persegi  dan diselesaikan 27 Pebruari 2004. BP2IP Tangerang telah diresmikan pengoperasiannya, berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan, KM. No. 45 tanggal 16 Oktober 2003, oleh Presiden RI, Ibu Megawati Sukarnoputri pada tanggal 27 Pebruari 2004. Pengoperasian BP2IP Tangerang ditujukan untuk penyedian jasa pendidikan dan pelatihan di bidang maritim bagi para generasi muda pada tingkat menengah dan dasar yang disesuaikan dengan peraturan international, STCW 1978 amended 1995.

Visi dan Misi

VISI
Menghasilkan Pelaut dengan keunggulan daya saing kompetensi, sesuai Standar Nasional dan International.
MISI
1. Meningkatkan efektifitas pencapaian standar kompetensi peserta didik.
2. Meningkatkan kemitraan kerja dan usaha dengan Perusahaan Pelayaran, Industri Maritim, Organisasi Profesi Pelaut, Lembaga Pendidikan dan Instansi terkait.
3. Mengoptimalkan sumber daya pemeliharaan dan pengembangan fasilitas Diklat.
4. Mengembangkan jaringan pemasaran lulusan BP2IP Tangerang di Kawasan Regional dan wilayah International.
5. Terus menerus meningkatkan keunggulan kualitas kinerja organisasi, agar pada waktunya mampu memberikan pelayanan berkualitas kompetitif dan nilai tambah serta nilai guna kesejahteraan bagi Sivitas Akademik BP2IP Tangerang



Program Diklat
Diklat Keahlian Pelaut 


PROGRAM PENDIDIKAN & PELATIHAN 

1.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-I / DTPN-I (AN-IV/AT-IV)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL. 2317117-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/1, STCW-Code Section A-II/1.7 tingkat kompetensi Ahli Nautika-IV (AN-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage; berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage dan lokal;
b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/20-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1, STCW-Code Section A- 111/1.9, tingkat kompetensi Ahli Teknika-IV (AT-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 > kW < 30 


2.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-II / DTPN-II (AN-V/AT-V)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23l7/16-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Nlaga bagian Dek, sesuai II/3 STCW-Code Section A- II/3.6 tingkat kompetensi Ahli Nautika-V (AN-V) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga
b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/19-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1, STCW-Code Section A- III/3.2, tingkat kompetensi Ahli Teknika-V (AT-V) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 < kW < 3000. 


3.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN DASAR / DTPD (AN-D/AT-D)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23/7/15-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/4, STCW-Code Section A-II/4 tingkat kompetensi Ahli Nautika-Dasar (AN-D) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru mudi untuk kapal-kapal pada daerah pelayaran local, NCV dan ocean going.
b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/18-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/4, STCW-Code Section A- III/4, tingkat kompetensi Ahli Teknika-Dasar (AT-D) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru Minyak pada kapal-kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 < kW > 3000. 


Proses Pendidikan & Pelatihan
1. Program DTPN – I (AN -IV / AT – IV)
  • lama Diklat 6 (enam) semester
  • program belajar 4 (empat) semester di kampus , 2 (dua) semester praktek Laut di Kapal Niaga GT > 500 untuk Nautika dan kW > 750 untuk Mesin
2. Program DTPN – I (AN –V / AT – V)
  • lama Diklat 4 (empat) semester
  • program belajar 2 (dua) semester di kampus , 2 (dua) semester praktek Laut di Kapal Niaga GT < 500 untuk Nautika dan kW < 750 untuk Mes
3. Program DTPD (AN-D / AT-D)
  • lama Diklat 9 (sembilan) bulan
  • program belajar 3 (tiga) bulan di kampus , 6 (enam) bulan praktek Laut di Kapal Niaga.
4. Kinerja Diklat
  • Asrama terdiri dari Kamar tidur, Iemari pakaian, shower toilet, ruang cuci, musholah dan Sport hall;
  • diklat di kampus terdiri dari kelas, practice building, engine hall, cargo handling equipment, sekoci dayung, sekoci bermesin, rescue boat, jetty dan water pit ;
  • Bahan ajar Sesuai Standar Mutu kepelautan ;
  • Instruktur/Pengajar berpengalaman dan memenuhi STCW 1978 dan perubahannya ;
  • Praktek Laut Kapal niaga lebih besar 500 GT dan tenaga penggerak lebih besar dari 750 kW ;
  • Evaluasi dan Evaluasi program tiap semester dan assesmen kompetensi tiap fungsi standar kompetensi ;
  • Standar mutu Sistem Standar Mutu Kepelautan Indonesia Tahun 2003 ;
SIMULATORS
Simulator Radar ARPA Simulator Radar ARPA ini didesain dengan 2 buah stasiun kapal dan 1 buah instruktor konsol. Jenis radar yang digunakan adalah jenis dari JRC dengan seri 9000. Selain itu simulator ini juga menyediakan ruang kelas lengkap dengan peralatannya untuk keperluan briefing.
Simulator GMDSS
Simulator GMDSS menyediakan sistem peralatan untuk simulasi penggunaan sistem komunikasi GMDSS. 2 jenis Diklat ketrampilan telah dilaksanakan di simulator ini yaitu GOC GMDSS dan ROC GMDSS. Selain itu, simulator ini juga dilengkapi dengan ruang kelas briefing lengkap dengan peralatannya.

Simulator Steering Trainer
Pada simulator ini terdapat dua bagian yang terkait yaitu simulator training pada steering konsol dan miniatur asli mesin kemudi sebuah kapal. Simulator ini menawarkan berbagai praktek yang berkaitan dengan pengemudian kapal dan penanganan serta perawatan mesin kemudi kapal. Selain itu, simulator ini juga dilengkapi dengan ruang kelas briefing lengkap dengan peralatannya.



Di BP2IP Tangerang
JL. Raya Karang Serang No.1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, BANTEN
Kode Pos : 15530, Kotak Pos : 284
Telp. , 59370328, 59370329 Ext. 1040
Fax. (62-21) 59370330
E-mail : bp2iptng@bp2ip-tng.sch.id; bp2iptng@indosat.net.id
Website: www.bp2ip-tng.sch.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedur berlabuh jangkar

Serah Terima Tugas Jaga

ISI STCW AMANDEMEN 2010