Stabilitas Melintang


Sebuah kapal dapat mengoleng disebabkan karena kapal mempunyai kemampuan untuk menegak kembali sewaktu kapalmenyenget yang dikarenakan oleh adanya pengaruh luar yangbekerja pada kapal.Beberapa contoh pengaruh luar yang dimaksud adalah: arus,ombak, gelombang, angin dan lain sebagainya. Dari sifat olengnya apakah sebuah kapal mengoleng terlau lamban, ataukah kapalmengoleng dengan cepat atau bahkan terlau cepat dengan gerrakan yang menyentak-nyentak, atau apakah kapal mengolengdengan enak,
Pada pokoknya, stabilitas kapal dapat digolongkan didalam 2jenis stabilitas yaitu :
1. Stabilitas kapal dalam arah melintang (sering kali disebutstabilitas melintang)
2. Stabilitas kapal dalam arah membujur (sering kali disebutstabilitas membujur)
Yg mau kita bahas di sini adalah tentang stabilitas melintang dan kebetulan aku sudah ada kirimanan video dari Capt. Hadi Supriyono MM Mar. yg mau dengan ihklas memberikan pelajaran jarak jauh walau beliu saat ini sibuk bekerja di IMO, Berkantor pusat di London Inggris,  masi mau membagikan ilmunya. aku pribadi ucapakan terima kasih buat beliu.
Kembali kepokok pembicaraan tentang stabilitas melintang
Stabilitas melintang adalah kemampuan kapal untuk menegakkembali sewaktu kapal menyenget dalam arah melintang yangdisebabkan oleh adanya pengaruh luar yang bekerja padanya.
Untuk lebih jelas lihat cuplikan video di bawah ini, semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedur berlabuh jangkar

Serah Terima Tugas Jaga

ISI STCW AMANDEMEN 2010