BP2IP – TANGERANG
Sejarah Berdirinya BP2IP Tangerang
BP2IP Tangerang adalah sebuah lembaga
pendidikan dan pelatihan maritim di bawah Badan Pendidikan dan
Pelatihan Departemen Perhubungan. Pembangunan BP2IP Tangerang dimulai
27 Oktober 2002 di atas lahan yang luasnya kurang lebih 18000
meter persegi dan diselesaikan 27 Pebruari 2004. BP2IP Tangerang telah
diresmikan pengoperasiannya, berdasarkan keputusan Menteri
Perhubungan, KM. No. 45 tanggal 16 Oktober 2003, oleh Presiden
RI, Ibu Megawati Sukarnoputri pada tanggal 27 Pebruari 2004.
Pengoperasian BP2IP Tangerang ditujukan untuk penyedian jasa
pendidikan dan pelatihan di bidang maritim bagi para generasi
muda pada tingkat menengah dan dasar yang disesuaikan dengan
peraturan international, STCW 1978 amended 1995.
Visi dan Misi
VISI
Menghasilkan Pelaut dengan keunggulan daya saing kompetensi, sesuai Standar Nasional dan International.
MISI
1. Meningkatkan efektifitas pencapaian standar kompetensi peserta didik.
2.
Meningkatkan kemitraan kerja dan usaha dengan Perusahaan
Pelayaran, Industri Maritim, Organisasi Profesi Pelaut, Lembaga
Pendidikan dan Instansi terkait.
3. Mengoptimalkan sumber daya pemeliharaan dan pengembangan fasilitas Diklat.
4. Mengembangkan jaringan pemasaran lulusan BP2IP Tangerang di Kawasan Regional dan wilayah International.
5.
Terus menerus meningkatkan keunggulan kualitas kinerja
organisasi, agar pada waktunya mampu memberikan pelayanan
berkualitas kompetitif dan nilai tambah serta nilai guna kesejahteraan
bagi Sivitas Akademik BP2IP Tangerang
Program Diklat
Diklat Keahlian Pelaut
PROGRAM PENDIDIKAN & PELATIHAN
1.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-I / DTPN-I (AN-IV/AT-IV)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL. 2317117-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/1, STCW-Code Section A-II/1.7 tingkat kompetensi Ahli Nautika-IV (AN-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage; berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage dan lokal; b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/20-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1, STCW-Code Section A- 111/1.9, tingkat kompetensi Ahli Teknika-IV (AT-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 > kW < 30
2.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-II / DTPN-II (AN-V/AT-V)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23l7/16-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira
Pelayaran Kapal Nlaga bagian Dek, sesuai II/3 STCW-Code Section
A- II/3.6 tingkat kompetensi Ahli Nautika-V (AN-V) dan setelah
memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga
b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/19-05)
Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira
Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1,
STCW-Code Section A- III/3.2, tingkat kompetensi Ahli Teknika-V
(AT-V) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga
berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau
Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang
digerakan dengan tenaga penggerak 750 < kW < 3000.
3.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN DASAR / DTPD (AN-D/AT-D)
a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23/7/15-05)
Membentuk
lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah
Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/4, STCW-Code
Section A-II/4 tingkat kompetensi Ahli Nautika-Dasar
(AN-D) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal
niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru mudi untuk kapal-kapal
pada daerah pelayaran local, NCV dan ocean going.
b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/18-05)
Membentuk
lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah
Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/4,
STCW-Code Section A- III/4, tingkat kompetensi Ahli
Teknika-Dasar (AT-D) dan setelah memenuhi persyaratan
pengawakan kapal niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru Minyak
pada kapal-kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750
< kW > 3000.
Proses Pendidikan & Pelatihan
1. Program DTPN – I (AN -IV / AT – IV)
2. Program DTPN – I (AN –V / AT – V)
3. Program DTPD (AN-D / AT-D)
4. Kinerja Diklat
SIMULATORS
Simulator Radar ARPA
Simulator Radar ARPA ini didesain dengan 2 buah
stasiun kapal dan 1 buah instruktor konsol. Jenis radar yang digunakan
adalah jenis dari JRC dengan seri 9000. Selain itu
simulator ini juga menyediakan ruang kelas lengkap
dengan peralatannya untuk keperluan briefing.
Simulator GMDSS
Simulator GMDSS menyediakan sistem
peralatan untuk simulasi penggunaan sistem komunikasi
GMDSS. 2 jenis Diklat ketrampilan telah dilaksanakan di
simulator ini yaitu GOC GMDSS dan ROC GMDSS. Selain
itu, simulator ini juga dilengkapi dengan ruang kelas
briefing lengkap dengan peralatannya.
Simulator Steering Trainer
Pada simulator ini terdapat dua bagian
yang terkait yaitu simulator training pada steering
konsol dan miniatur asli mesin kemudi sebuah kapal.
Simulator ini menawarkan berbagai praktek yang
berkaitan dengan pengemudian kapal dan penanganan serta
perawatan mesin kemudi kapal. Selain itu, simulator ini
juga dilengkapi dengan ruang kelas briefing lengkap dengan
peralatannya.
Di BP2IP Tangerang
JL. Raya Karang Serang No.1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, BANTEN
Kode Pos : 15530, Kotak Pos : 284
Telp. , 59370328, 59370329 Ext. 1040
Fax. (62-21) 59370330
E-mail : bp2iptng@bp2ip-tng.sch.id; bp2iptng@indosat.net.id
Website: www.bp2ip-tng.sch.id
|
Komentar
Posting Komentar