History of Plimsoll Mark
Merkah kambangan menurut catatan sejarah bermula dari abad pertengahan, negara Italia telah mempunyai undang-undang untuk pemuatan diatas kapal, dimana setelah dilakukan pemeriksaan dan perhitungan, maka lambung kapal diberi tanda.
Asal mula dari lingkaran sebagai
tanda merkah kambangan yang dipergunakan sampai sekarang ini ialah dari
Sardinia, dimana sarat maksimum dari kapal pada waktu itu ditandai
dengan sebuah titik yang merupakan sebuah pusat dari lingkaran .
Sedangkan orang – orang Venesia menandainya dengan gambar Salib, dan
orang Genoa dengan tiga baris yang membujur terbuat dari besi.
Merkah Kambangan atau merkah benaman adalah sebuah tanda untuk membatasi
jumlah berat yang boleh diangkut oleh sebuah kapal dengan aman.
Pada tahun 1867 seorang anggota
Parlemen Inggris bernama Sir Samuel Plimsoll mempunyai gagasan agar
semua kapal yang berbendera Inggris untuk memasang merkah kambangan.
Penjelasannya akhirnya
diundangkan pada tahun 1890 untuk penyeragaman. Untuk mengabadikan
pencetusnya maka Merkah Kambangan juga disebut Plimsoll Mark. Merkah
kambangan ini kemudian diikuti oleh negara-negara maritim lainnya. Merkah kambangan juga disebut Garis Muatan atau Load Line.
Garis Dek :
Sebelum kita memasang Plimsoll Mark (Merkah Kambangan) maka harus ditentukan lebih dahulu letak dari garis-deknya (deck-line) pada lambung kapal. Garis-dek ini merupakan garis datar di mana sisi atasnya berimpit dengan sisi atas dari geladak lambung bebas (freeboard-deck), dan letaknya di tengah kapal dengan ukuran panjang 300 mm dan lebarnya 25 mm. Deck-line
harus dicat kontras dengan warna lambungnya. Di cat hitam jika
lambungnya putih atau warna terang. Di cat putih atau kuning, jika warna
cat lambungnya gelap.Lingkaran garis air atau Plimsoll mark dilukis di
bawah garis dek. Jarak antara bagian atas deck-line, dari dua jenis dek = 540 mm di depan dari pusat lingkaran dilukiskan Load-line, yang menandai batasan sarat bagi kapal jika berada di laut atau zona tertentu.
Perubahan sarat kapal oleh perubahan berat jenis (B.J) air disebut juga Fresh Water Allowance, yang harus diketahui.
Jadi Fresh Water Allowance adalah angka dalam milimeter perubahan sarat rata-rata
jika kapal berlayar dari laut menuju ke air tawar, atau sebaliknya,
jika sedang dalam keadaan loaded draft. Hal ini dapat dihitung dengan
rumus:
FWA (dalam mm) = Displacement (dalam ton) 4 x TPC
Pembuktian rumus tersebut adalah sbb:
Pada gambar atas kapal terapung
pada Summer Draft di air laut pada WL. Maka V adalah volume air laut
yang dipindahkan. Sekarang jika pindah ke air tawar, maka WL, merupakan
garis air kapal yang memindahkan massa air tawar. Jadi di sini “v”
merupakan penambahan volume air tawar yang dipindahkan adalah : V + v
Sekarang jika ‘w’ merupakan massa air laut, dalam volume ‘v’, dan ‘W’ adalah massa air laut pada volume ‘V’
S - “Summer
Load line”, adalah garis batas tenggelam kapal pada waktu berada di
laut daerah musim panas permanen atau daerah musim panas pada waktu
musim panas (seasonal zone). Tingginya sama dengan titik tengah
lingkaran.
W - “Winter
Load line” Garis batas tenggelam pada waktu berada di daerah musim
dingin pada saat musim dingin (Winter).Jaraknya = (1/48) x Summer Draft
dibawah garis S.
T - “Tropical
Load Line” Garis batas tenggelam pada waktu kapal berada di daerah
tropis atau selama musim panas (tropic).Letaknya = (1/48) x Summer Draft
untuk tiap meter atas garis S.
F - “Summer
Fresh Water” Garis batas tenggelam selama kapal berada di air tawar
selama musim panas permanen.Jaraknya di atas : S adalah berdasarkan
rumus : W/4TPC mm, dimana W adalah displacement pada Summer Draft dan
TPC (ton per-centimeter-immersion) dalam cm.
WNA - “Winter
North Atlantic Load Line” Garis batas tenggelam selama kapal didaerah
musim dingin Winter North Atlantic.Letaknya : berada 50 mm di bawah W. Tanda ini hanya dapat digunakan bagi kapal yang panjangnya 100 m atau kurang.
TF - “Tropical
Fresh Water Load line” Garis batas tenggelam kapal diair tawar musim
Tropis , di mana kapal dapat dimuati agar draft atau saratnya d
Penggunaan WNA
a) Kapal Penumpang berlayar :
- Di daerah North Atlantic
- Pada musim Winter
- Panjang ≤ 100 meter
b) Kapal Tanker berlayar :
- Di daerah North Atlantic
- Pada musim Winter
- Setiap 100 meter → 25 mm
A. KAPAL KAYU YANG MEMUAT KAYU BILA :
1. Berlayar melintasi daerah North Atlantic
2. Pada musim dingin (Winter)
3. Tidak perduli berapa panjangnya, harus menggunakan LWNA Draft, dimana :
A. Bagi kapal yang panjangnya < 330‘ letak LWNA draft seletak (sejajar) dengan WNA draft-nya kapal cargo.
B. Bagi kapal yang panjangnya > 330’ letak LWNA draft seletak (sejajar) dengan W draft-nya kapal cargo.
WNA = Lumber Winter North Atlantic
B. KAPAL CARGO DAN PENUMPANG YANG :
1. Melintasi daerah North Atlantic
2. Pada musim dingin (Winter
A. Bila panjang kapal tersebut L 330’ harus menggunakan WNA draft (yang konstruksinya = fix 2 inches dibawah W draft )
B. Bila panjang kapal tersebut L > 330’ cukup memakai W draft-nya saja.
C. KAPAL TANKER YANG :
1. Melintasi daerah North Atlanti
2. Pada musim dingin ( Winter )
Tidak perduli dengan panjangnya, harus menggunakan WNA Draft, dimana konstruksinya (jarak) dari W draft-nya setiap 100 feet panjang kapal maka koreksinya 1 inch (dengan interpolasi).
Contoh : Panjang kapal 250”
Maka koreksinya,
Corr. = 250” X 1 “100’= 2,5”
Dapat dilihat :
S = Summer Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di laut daerah musim panas permanen.
> Tingginya sama dengan titik tengah lingkaran
W = Winter Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di daerah musim Dingin (Winter)
> Jaraknya = (1/48) x Summer Draft di bawah garis S
T = Tropical Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di daerah Tropis
> Jaraknya = (1/48) x Summer Draft di atas garis S
F = Summer Fresh Water Load Line
adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di air tawar selama musim
panas tetap > Jaraknya di atas S adalah :cm atau mm
WNA = Winter North Atlantic Load Line adalah batas tenggelam kapal di daerah Musim dingin Winter North Atlantic
> Tanda ini hanya digunakan bagi kapal yang panjangnya ≤ 100 m
> Letaknya garis ini 50 mm di bawah garis W
TF = Tropical Fresh Water Load Line adalah batas tenggelam kapal di air tawar musim Tropis
Komentar
Posting Komentar