Kapal Selam Nuklir Cara Kerja Mesin Kapal Selam Nuklir
Kapal Selam Nuklir Cara Kerja Mesin Kapal Selam Nuklir - Kita
mungkin hanya melihat kapal selam melalui televisi atau pada film-film.
Untuk menambah pengetahuan kepelautan yuk kita cari tahu tentang kapal
selam. Seperti judulnya yaitu kapal selam nuklir maka dah pasti info
kali ini mengenai kapal selam nuklir. Kapal selam dengan menggunakan
tenaga nuklir adalah kapal selam dimana untuk menggerakkannya memakai
reaktor air bertekanan atau PWR (pressurizer water reactor).
PWR ini merupakan sumber tenaga yang
berguna untuk memutar turbin utama yang selanjutnya akan menggerakkan
baling-baling serta motor elektrik. Selanjutnya motor elektrik ini
berfungi sebagai pengisi baterai yang menghasilkan listrik untuk
berbagai keperluan. Kapal selam bertenaga nuklir berbeda dengan kapal
selam diesel yang harus muncul ke permukaan untuk menghisap udara yang
dibutuhkan mesin diesel.
Salah satu keunggulan kapal
selam dengan menggtunakan tenaga nuklir adalah masa operasionalnya bisa
lebih lama juga lebih kuat bertenaga walaupun kapal selam nuklir ini
memiliki ukuran yang besar dan harus dalam kondisi menyelam. Uranium
yang di gunakan untuk bahan bakar dari reaktor tersebut dapat diganti
setelah melewati masa 3 tahun setelah pemakaian. Faktor yang menjadi
penghambat masa operasional hanya terdapat kebutuhan suplai para awak
kapal.
Cara Kerja Kapal Selam Dalam Gambar
Kapal Selam Nuklir (KSN) pertama
dibuat tahun 1951. Pelopor pembuatannya adalah seorang perwira AL
Amerika Serikat, Kapt. Hyman G. Rickover . Karya pertama nya adalah:
USS Nautilus (1951) Yang revolusioner dari KSN adalah penggunaan reaktor
nuklir untuk membangkitkan tenaga gerak propeller dan pengisian
(recharge) battere-battere yang akan digunakan oleh motor listrik. Jadi
posisi mesin diesel diambil alih oleh Reaktor Nuklir Mini. Sedang motor
listrik tetap dipertahankan.
Keuntungan penggunaan tenaga nuklir sangat besar.
Pertama,
sistem pembangkit nuklir (reaksi fusi atom uranium) tidak lagi
memerlukan sirkulasi udara. Bisa dilakukan dibawah air. Dengan demikian
KSN tidak perlu lagi sering muncul ke permukaan. Sebuah KSN bisa
mengelilingi dunia dalam tempo 2 bulan tanpa muncul kepermukaan. Kedua,
hemat bahan kabar (uranium). KSN tidak perlu mengisi bahan bakar dalam
waktu yang lama. KSN milik Amerika bisa beroperasi 25 tahun tanpa
penggantian bahan bakar. Paling-paling yang diganti adalah battere
(accu) yg udah soak
Cara kerja Kapal Selam Nuklir:
Yang
jelas pada KSN tidak diberlakukan lagi prosedur pengalihan pembangkit
dari Mesin diesel ke Mesin listrik seperti yg berlaku pada Kapal Selam
Konvensional (KSK). Akan tetapi prinsip kerja timbul-tenggelam KSN masih
sama dengan Kapal Selam Konvensional, yaitu dgn mekanisme pengisian dan
pengosongan Ballast Tank. Prinsip ini dibuat pertama kali oleh Robert
Fulton (1805)
1.Reaktor nuklir menghasilkan panas yang diperoleh dari fusi atom Uranium.
2.Panas yang dihasilkan didorong dan disalurkan ke ketel uap yang berisi air.
3.Air yang ada dalam ketel uap mendidih sehingga mengeluarkan kekuatan tekanan uap yang sangat besar.
4.Tekanan uap disalurkan ke dua
sistem alat yaitu: A. Generator Turbo, yang menghasikan tenaga untuk
kebutuhan reaktor dan B. Turbin Utama, untuk menghasilkan tenaga gerak
Kapal dan pengisian battere.
5. Sisa uap air yang mengalir secara terus-menerus dialirkan ke motor pendingin sehingga uap berubah wujud kembali menjadi air.
6. Untuk selanjutnya air ini dialirkan kembali ke ketel uap. Begitu seterusnya (kompas)
Komentar
Posting Komentar