sistem kemudi kapal
ini dia gambar kumudi kapal (rudder)
gambar kumudi kapal (rudder)
Ukuran kemudi kapal
harus direncanakan sedemikian rupa sehingga dapat memunhi persyaratan
yang berlaku, bila terlalu besar mengakibatkan hambatan tetapi kalau
terlalu kecil mengakibatkan kapal kehilangan kendali khususnya pada
kecepatan rendah. Besarnya disesuaikan dengan ukuran kapal, jenis kapal,
kecepatan kapal, bentuk lambung kapal serta penempatan kemudi.
Penempatan kemudi biasanya di belakang propeler, sehingga arus yang
ditimbulkan propeler dapat dimanfaatkan oleh kemudi untuk mengubah gaya
yang bekerja pada kapal dengan lebih baik.
meningat peranan kemudi kapal yang sangat penting, persyaratan kemudi kapal menurut solas yaitu sebagai berikut :- persyaran kemudi kapal untuk kapal cargo
Kapal – kapal harus dilengkapi
dengan perangkat kemudi induk ( utama ) dan perangkat kemudi bantu yang
memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.
Perangkat kemudi utama harus berkekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan ekonomis maksimum. Perangkat kemudi utama dan poros kemudi harus di pasang sedemikian rupa sehingga pada kecepatan mundur maksimum tidak mengalami kerusakan Perangkat kemudi bantu harus mempunyai kekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan sekedar untuk dapat berlayar dan dipakai dengan segera dalam keadaan darurat. Kedudukan kemudi yang tepat pada kapal tenaga harus terlihat di stasiun pengemudi utama ( kamar kemudi anjungan ).
Perangkat kemudi utama harus berkekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan ekonomis maksimum. Perangkat kemudi utama dan poros kemudi harus di pasang sedemikian rupa sehingga pada kecepatan mundur maksimum tidak mengalami kerusakan Perangkat kemudi bantu harus mempunyai kekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan sekedar untuk dapat berlayar dan dipakai dengan segera dalam keadaan darurat. Kedudukan kemudi yang tepat pada kapal tenaga harus terlihat di stasiun pengemudi utama ( kamar kemudi anjungan ).
- persyaran kemudi kapal untuk kapal penumbang
Perangkat kemudi induk harus
mampu memutar daun kemudi dari kedudukan 350 di satu sisi sampai ke
kedudukan 350 disisi lain selagi kapal berjalan maju dengan kecepatan
ekonomis maksimum. Daun kemudi kapal harus dapat diputar dari
kedudukan 350 disalah satu sisi ke kedudukan 350 disisi yang lain dalam
waktu 28 detik pada kecepatan ekonomis maksimum. Perangkat kemudi bantu kapal harus dapat digerakkan dengan tenaga dimana pemerintah mensyaratkan bahwa garis tengah poros
kemudi pada posisi celaga berukuran lebih 9’’ ( 228,6 mm ). Jika unit
tenaga perangkat kemudi induk dan sambungan – sambungannya di pasang
secara rangkap yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh
Pemerintah, dan masing – masing unit tenaga itu dapat membuat perangkat
kemudi kapal sesuai dengan syarat – syarat paragraf Jika pemerintah mensyaratkan suatu poros kemudi kapal yang garis tengahnya pada posisi celaga lebih dari 9” (228,6 mm) harus dilengkapi pengemudi pengganti.
konstruksi kemudi kapal
Daun kemudi kapal terletak 100%
di belakang poros putarnya- Diberi kerangka untuk penguat daun kemudi
kapal Selalu dilengkapi dengan kokot jantan ( Pintle ) dan kokot betina (
Gudgeon ) Daun kemudi dan poros
kemudi yang saling dihubungkan dengan sebuah kopling Poros kemudi
atas, baut penutup, baut kemudi biasa dan baut cembung putar (Taats)
Pada linggi kemudi terdapat Nok kemudi (Rudderstops) agar daun kemudi
pada waktu di putar tidak melewati batas maksimum cikar 350 Di dalam
kopling kemudi terdapat baji yang gunanya untuk menahan dan membantu
baut – baut kopling Kemudi kapal Berimbang adalah Kemudi yang
daun kemudinya sebagian berada di belakang poros putar dan sebagian
kecil berada di depan poros putarnya. Pada kemudi berimbang penuh 25 –
30 % bagian daun kemudi berada di depan poros putar, sedang sisanya
berada di belakang poros putar. Pada kemudi semi berimbang bagian daun
kemudi yang berada di depan poros putar lebih kecil dari 20.
jenis kemudi kapal kapal sangatlah banyak, yaitu sebagai berikut :
- jenis kemudi kapal dengan linggi kemudi
- jenis kemudi kapal Spade rudder
- jenis kemudi kapal Semi-spade rudder
- jenis kemudi kapalActive rudder
- dan masih banyak lainnya (lagi males copas)
gambar jenis-jenis kemudi kapal
Kemudi
biasa ialah kemudi yang seluruh daun kemudinya berada dibelakang poros
putar. Yang terdiri dari pelat tunggal atau anda.Kemudi biasa pelat
tunggal konstruksinya terdiri dari pelat tunggal saja dan pelat ganda, kontruksi daun kemudi nya terdiri dari lembaran berganda
dimana kedua ujungnya dihubungkan satu sama lain sehingga didalamnya
terbentuk rongga. Kerangka kemudi biasa dapat terbuat dari baja tempa
atau pelat yang di las, kemudi pelat ganda kedua sisinya di tutupi
pelat – pelat sehingga ditengahnya berbentuk rongga.
roda kemudi kapal
Roda kemudi kapal
merupakan perangkat untuk mengarahkan arah kapal. Roda kemudi pada
awalnya dibuat dari kayu, dengan diameter sekitar 50 sampai 100 cm,
sekarang roda kemudi semakin kecil karena dihubungkan dengan kemudi
(rudder) secara hidrolik ataupun elektronik. Dan dengan perangkat CPU
dapat digunakan pilot otomatis, dimana CPU mengumpulkan informasi lokasi
kapal melalui GPS, arah angin dan arah arus dapat mengarahkan kapal ke
tujuan dengan tepat.
gambar kemudi kapal
Di kapal-kapal modern roda kemudi kapal
diganti dengan suatu joy stick yang dihubungkan secara remote ke
perangkat elektro-mekanik atau elektro-hydrolik untuk menggerakan
kemudi/rudder. Posisi kemudi ditampilkan pada layar monitor.
Komentar
Posting Komentar